- Advertisement -

Aspal Jalan Sarimanah Bandung Rontok Akibat Banjir

Berita Lainnya

BANDUNG infobdg.com – Aspal di depan Yomart, Jalan Sarimanah, Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, mengalami kerusakan pada Sabtu (5/10), dengan beberapa bagian yang mengelupas. Kerusakan ini terjadi setelah kawasan tersebut dilanda banjir.

Dilansir dari laman resmi m.kumparan.com, menurut warga sekitar, Putri (33), penjaga kios laundry, hujan deras mulai sekitar pukul 14.00 WIB dan berlangsung selama satu jam. Banjir surut dua jam setelah hujan reda, namun meninggalkan kerusakan pada aspal di wilayah itu.

“Banjir selama satu sampai dua jam, lalu aspalnya mengelupas. Tapi hanya di daerah sini, Sarimanah saja,” ujarnya pada Minggu (6/10).

Putri juga menambahkan bahwa sebagian aspal yang rusak sempat dibersihkan sore harinya, namun baru pada Minggu pagi, petugas dari kelurahan membersihkan sisa-sisa aspal yang terkelupas.

Minawati (47), penjual minuman di sekitar lokasi, mengatakan proses pembersihan tersebut berlangsung cepat, hanya memakan waktu sekitar satu jam.

“Petugas Gober dari Kelurahan Sarijadi membersihkan sekitar jam 9 pagi dan selesai jam 10,” jelasnya.

Kini, meskipun serpihan aspal sudah dibersihkan, beberapa lubang dengan kedalaman sekitar 1-2 cm masih terlihat di lokasi, membuat kendaraan harus melambat atau menghindari area tersebut dengan memasuki parkiran minimarket.

Warga setempat juga memanfaatkan potongan aspal untuk menutup lubang-lubang di area pejalan kaki atau bahu jalan. Menurut Minawati, ini bukan pertama kalinya aspal di lokasi tersebut rusak.

“Tahun lalu sempat diperbaiki, tapi sekarang rusak lagi,” katanya.

Sebelum pembersihan dilakukan, dua pengendara motor sempat terjatuh karena kondisi jalan yang tidak rata pada Minggu pagi. Meski hanya mengalami luka ringan, hal ini menambah urgensi perbaikan jalan.

Putri juga menyebutkan bahwa Jalan Sarimanah sering dilanda banjir, terutama saat hujan deras, disebabkan oleh kontur jalan yang menurun dan tidak mampu menampung aliran air dari daerah yang lebih tinggi. Selain itu, sistem drainase yang tidak memadai juga sering membuat air meluap ke jalan.

Putri berharap kerusakan aspal segera diperbaiki, dan perhatian lebih diberikan terhadap sistem drainase untuk mencegah banjir yang berulang.

“Semoga jalannya cepat diperbaiki, dan gorong-gorongnya juga ditangani kalau ada sampah yang menumpuk,” harapnya.