- Advertisement -

Bantuan DTH Rp500 Ribu Selama 6 Bulan Disiapkan bagi Korban Gempa Bandung

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana tunggu hunian (DTH) sebesar Rp500 ribu per keluarga bagi korban gempa di Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat.

Dilansir dari okezone, dana tersebut akan diberikan selama enam bulan sebagai bentuk dukungan bagi keluarga yang terdampak bencana.

“BNPB menyiapkan skema bantuan dana tunggu hunian kepada keluarga sehingga mereka tidak terlalu lama di pengungsian atau pun menumpang di kerabatnya,” ucap Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat meninjau korban gempa di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Kamis (19/9/2024).

Kepala BNPB, Suharyanto menegaskan pentingnya validasi data rumah rusak, dengan memastikan setiap keluarga terdampak teridentifikasi berdasarkan nama dan alamat.

“Pendataan segera by name by address,” pesannya. Ini akan menjadi dasar bagi pemerintah daerah dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

Untuk mempercepat pemulihan, BNPB juga membentuk satuan tugas yang terdiri dari anggota TNI dan Polri untuk membersihkan puing-puing bangunan dan infrastruktur umum yang rusak. Langkah ini telah diterapkan sebelumnya pasca gempa Cianjur.

Suharyanto juga menyerahkan dukungan operasional posko berupa dana siap pakai sebesar Rp250 juta serta bantuan pangan dan non-pangan sebanyak 15 jenis secara simbolis.