- Advertisement -

Pelantikan Anggota DPRD Jabar di Gedung Merdeka Dimulai dengan Historical Walk Hari Ini

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Sebanyak 120 anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang terpilih dalam Pemilu 2024 akan dilantik pada Senin, 2 September 2024, di Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Dilansir dari jabar.tribunnews.com, menurut informasi dari Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat dan Biro Adpim Jabar, acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD tersebut akan berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 14.00 WIB.

Acara pelantikan yang digelar di gedung bersejarah ini akan berbentuk rapat paripurna. Berikut adalah susunan acara pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Provinsi Jawa Barat untuk periode 2024-2029:

– Historical Walk dari Hotel Homan ke Gedung Merdeka
– Pembukaan dengan lagu Indonesia Raya
– Kata Pengantar dari Ketua DPRD
– Pembacaan SK dari Kemendagri
– Pengambilan dan Pengucapan Sumpah Jabatan
– Pengumuman Pimpinan Sementara
– Penyerahan Palu dan Buku Memori kepada Pimpinan Sementara
– Sambutan dari Pimpinan Sementara DPRD Jabar
– Sambutan dari Penjabat Gubernur Jabar
– Pembacaan Doa
– Penutupan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, menyampaikan harapan besar kepada anggota dewan yang baru. Ia menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan solidaritas di DPRD sebagai wakil masyarakat Jawa Barat. Hal ini sangat penting dalam menjalankan tiga fungsi utama dewan, yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan, untuk kemajuan Jawa Barat.

“Saya berharap para anggota dewan baru dapat menjaga kekompakan dan solid dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,” ujar Ineu Purwadewi Sundari pada Minggu, 1 September 2024.

Ineu juga mengingatkan bahwa DPRD periode 2024-2029 harus segera menangani berbagai pekerjaan rumah, termasuk mengevaluasi Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 dan membahas APBD Tahun Anggaran 2025.

“Pembahasan APBD 2025 akan dilanjutkan oleh anggota DPRD periode 2024-2029, dan anggaran tersebut harus berfokus pada kepentingan masyarakat Jawa Barat untuk pembangunan yang lebih baik,” pungkas Ineu.