- Advertisement -

Hari Anak Nasional, Otsuka Gandeng Puluhan Perusahaan Tangani TBC di Tempat Kerja

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Otsuka Indonesia memperluas inisiatifnya dalam mengeliminasi tuberkulosis (TBC) dengan menggandeng puluhan perusahaan untuk berkomitmen dalam program Bebas Tuberkulosis di Tempat Kerja.

Penandatanganan komitmen ini dilakukan pada acara Hari Anak Nasional di Gedung Sate, Bandung, pada Jumat (2/8), yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Otsuka dalam mendukung target Eliminasi Tuberkulosis 2030 melalui program Free TBC at Workplaces. Program ini bertujuan membebaskan tempat kerja dari TBC serta menghilangkan stigma negatif terhadap pasien TBC.

Berdasarkan data WHO Global TB Report 2022, TBC masih menjadi ancaman besar dengan 10,6 juta orang jatuh sakit dan 1,3 juta orang meninggal setiap tahunnya. Indonesia, sebagai salah satu dari delapan negara dengan beban TBC tertinggi, menyumbang 2/3 dari total kasus global.

“Sebagai inisiator edukasi untuk pencegahan dan penanggulangan TBC di tempat kerja, Otsuka Group berhasil mengajak puluhan perusahaan untuk berkomitmen dalam program bebas TBC di tempat kerja,” ujar Sudarmadi Widodo, Human Capital & Corporate Communications Director Otsuka Group.

“Hal ini menunjukkan dukungan berbagai perusahaan kepada pemerintah dalam mencapai target eliminasi TBC di Indonesia pada 2030 dan bebas TBC pada 2050,” lanjutnya.

Otsuka Group pun berkomitmen akan terus konsisten dalam membantu pemerintah Indonesia untuk mengurangi kasus TBC dan menargetkan lebih banyak lagi perusahaan untuk bergabung dalam mengeliminasi TBC, sehingga tidak hanya tercipta lingkungan kerja yang sehat, namun juga masyarakat Indonesia yang terbebas dari TBC.

Program Free TBC at Workplaces yang telah berjalan sejak Juli 2022 oleh Otsuka Group melibatkan tracing dan screening awal bagi karyawan. Mereka yang terkonfirmasi positif TBC diberikan program pengobatan yang komprehensif.

TBC adalah penyakit menular yang menyerang paru-paru dan dapat dicegah serta disembuhkan.***