- Advertisement -

Festival Bakso Juara ke-6 Hadir Kembali dengan Mengangkat Cita Rasa Kuliner Lokal

Berita Lainnya

BANDUNGinfobdg.com – Festival Bakso Juara kembali digelar untuk keenam kalinya, tentunya membawa kegembiraan bagi pecinta kuliner di Kota Bandung.

Acara yang selalu dinanti ini tidak hanya menghadirkan bakso-bakso lezat dari berbagai daerah, tetapi juga menjadi ajang promosi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner.

Teh Rati, atau Rati Siti Hilwiah, Ketua Penyelenggara Festival Bakso Juara, berbagi cerita tentang bagaimana festival ini berkembang dari tahun ke tahun. “Festival Bakso Juara dimulai dari ide teman, dan ternyata mendapatkan respon yang sangat baik dari sponsor dan masyarakat. Dari acara pertama hingga kini yang ke-6, antusiasme terus meningkat,” ujarnya. Setelah sempat terhenti pada 2020-2021 karena pandemi, festival ini kembali pada 2022 dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Bandung.

Tahun ini, festival digelar di Gelora Saparua tempat yang dianggap lebih strategis dan ramah untuk pengunjung. “Kami sempat mengadakan di kawasan militer yaitu Denmadam III Siliwangi, tapi respon masyarakat kurang maksimal. Gelora Saparua ternyata lebih cocok dan mendukung acara ini,” kata Teh Rati.

Partisipasi UMKM

Festival Bakso Juara kali ini diikuti oleh 35 tenant yang secara perhitungan lebih seimbang dan merata mengingat tenant-tenant ini menawarkan berbagai varian bakso dari Bandung, Cianjur, dan Garut. “Kami tidak ingin terlalu banyak tenant agar pendapatan mereka merata dan pengunjung bisa menikmati setiap tenant dengan maksimal,” jelas Teh Rati. Tenant-tenant ini dikurasi dari komunitas loyal yang sudah lama bergabung dan memahami berjalannya festival ini, untuk kali ini biaya pendaftaran sangat terjangkau, hanya Rp 500 ribu untuk tiga hari, yang digunakan untuk biaya listrik, keamanan, dan kebersihan.

Rangkaian Acara dan Hiburan

Selama tiga hari, festival ini diisi dengan berbagai acara menarik. Pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas UMKM Bandung, Ibu Evi. Ada lomba mewarnai, lomba karaoke, live musik, dan penampilan spesial dari Warung Koplo-nya Cakra. “Kami ingin pengunjung tidak hanya menikmati bakso, tapi juga merasakan suasana yang menyenangkan dengan berbagai hiburan,” kata Teh Rati.

Festival ini juga menawarkan voucher gratis untuk seribu mangkuk bakso yang dibagikan selama tiga hari. “Vouchernya dibagi menjadi tiga waktu setiap hari agar pengunjung punya kesempatan yang sama,” tambahnya.

Sistem Pembayaran Praktis dan Mudah

Tahun ini, festival menerapkan sistem pembayaran digital dan cashless dengan aplikasi UDU, bekerja sama dengan BCA. Pengunjung cukup memasukkan kode tenan di kasir dan melakukan pembayaran menggunakan QRIS. “Ini memudahkan pengunjung dan memastikan transaksi berjalan lancar,” jelas Teh Rati.

Harapan ke Depan

Teh Rati berharap festival ini bisa terus berkembang dan lebih banyak menarik perhatian pengunjung serta sponsor. “Kami ingin terus mendukung UMKM dan memastikan mereka bisa berkembang melalui acara ini. Kami juga berharap festival ini bisa menjadi ikon kuliner di Bandung,” tuturnya.

Festival Bakso Juara menjadi bukti bahwa kuliner lokal bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat dengan konsep yang menarik dan dukungan penuh dari berbagai pihak. Ini adalah wujud nyata bagaimana UMKM bisa berkembang dan berkontribusi dalam memajukan ekonomi lokal melalui inovasi dan kolaborasi.

Nah, mumpung Festival Bakso Juara yang selalu dinanti-nanti ini hadir lagi, yuk jangan sampai ketinggalan, Wargi Bandung! Datang dan nikmati kelezatan bakso terbaik di Festival Bakso Juara!