- Advertisement -

Forest Walk Babakan Siliwangi, Destinasi Wisata Alam Gratis di Tengah Kota Bandung

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Babakan Siliwangi, destinasi wisata alam di tengah Kota Bandung, menawarkan pengalaman berwisata gratis dengan suasana sejuk dan hutan yang syahdu.

Tempat ini terkenal dengan jalur khusus pejalan kaki yang dikenal sebagai Forest Walk. Jalur sepanjang dua kilometer ini merupakan salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara.

Selain memberikan kesempatan menikmati suasana alam, Babakan Siliwangi juga menyediakan sejumlah spot foto menarik. Untuk menjaga kebersihan dan keindahan fasilitas ruang publik ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung rutin mengadakan kegiatan bebersih setiap tiga bulan sekali.

“Benar, kami melakukan bebersih di Babakan Siliwangi setiap tiga bulan sekali. Kami juga memperbaiki media jalan yang rusak agar tetap terlihat indah dan bersih,” ujar Kepala Seksi Pemeliharaan dan Dekorasi Kota, Yuli Ekadianty, Kamis (13/6).

Ia juga mengajak masyarakat untuk turut menjaga kebersihan saat berkunjung agar dapat menikmati alam kota yang bersih dan menyenangkan.

Di lokasi Forest Walk, Toni, seorang petugas yang sedang menyemprotkan air untuk membersihkan area, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah hasil kolaborasi antara DPKP dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung.

“Ini yang pertama di tahun ini untuk bebersih, biasanya melibatkan satu sektor. Kegiatan ini bisa selesai dalam satu hingga dua hari, mulai dari menyapu, menyemprot, hingga menggosok,” kata Toni.

Toni juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan Babakan Siliwangi.

“Saya berharap tidak hanya petugas yang menjaga, tapi masyarakat juga turut menjaga hutan kota ini agar tetap bersih dan nyaman,” ujarnya.***