- Advertisement -

Tiga Sapi Simental dan Limosin dari Bandung Terpilih sebagai Sapi Kurban Presiden

Berita Lainnya

BANDUNG, infobdg.com – Tiga ekor sapi milik peternak di Kota Bandung dipilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi tahun ini. Sapi-sapi jenis simental dan limosin tersebut memiliki bobot sekitar 1,2 ton dan lolos seleksi ketat hingga dinyatakan layak.

“Setelah kita mengajukan dan melalui berbagai proses seleksi itu termasuk kemarin terakhir pengecekan kesehatan bisa lolos menjadi hewan kurban presiden,” ucap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung Wilsandi Saefullah di Balai Kota, Rabu 13 Juni 2024.

Sapi-sapi ini milik Vandry Dwitama, seorang peternak dari Cibiru, Kota Bandung. Ketiganya diberi nama Ganesha, Ragasa, dan Gerengseng.

Secara rinci, berat masing-masing sapi adalah 1.103 kg, 1.130 kg, dan 1.188 kg dengan nilai Rp100 juta per ekor.

Proses seleksi meliputi penjaringan di tingkat provinsi dan pemeriksaan oleh tim Kepresidenan yang mencakup pengukuran tinggi badan, lingkar badan, serta pemeriksaan darah di laboratorium.

“Tentunya ini sebuah kebanggaan karena sapi dari peternak asal Kota Bandung terpilih Presiden untuk dijadikan hewan kurban,” bebernya.

Ini bukan kali pertama sapi dari Kota Bandung terpilih sebagai hewan kurban Presiden. Pada tahun 2022 dan 2023, sapi dari daerah ini juga terpilih untuk kurban presiden.

Ketiga sapi ini akan disembelih di Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.