- Advertisement -

Tentang TikTok Shop di Bandung Hingga Eksekusi Objek Tanah Jalan Jatayu, Berita Sepekan (3/10/23)

Berita Lainnya

Berikut ini merupakan rangkuman berita yang terjadi di Bandung dalam sepekan terakhir. Yuk simak berita yang tim InfoBDG rangkum selengkapnya dibawah ini ya!

Soal TikTok Shop, Pemkot Bandung Bakal Ikuti Regulasi Pemerintah Pusat

Tengah beredar di masyarakat isu media sosial yang kini juga menjadi alat transaksi jual beli. Sebut saja aplikasi TikTok, yang merangkap dengan TikTok Shop.

Atas hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan akan mendukung upaya pemerintah pusat dalam pengawasan pelaku usaha menggunakan media elektronik.

“Kami di daerah mengikuti (aturan pusat), karena ada aturan tegas bahwa platform media sosial dengan media ekonomi itu dipisah,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah.

Elly mengungkapkan, memang sudah seharusnya media ekonomi atau social commerce tidak beroperasi di media sosial, tetapi marketplace khusus untuk transaksi jual beli. Baca selengkapnya

 

4 Juta Batang Rokok dan Barang Ilegal Dimusnahkan Pemkot Bandung dan Bea Cukai

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung dan Bea Cukai Bandung musnahkan Barang Milik Negara (BMN), Barang Dikuasai Negara (BDN) dan Ultimum Remidium bersama-sama di lapangan parkir Kantor Satpol PP Kota Bandung, Rabu (27/9).

Barang yang dimusnahkan terdiri dari 4.643.844 batang rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM), 13.800 batang rokok sigaret putih mesin (SPM), 4.000 gram tembakau iris, 1000 botol rokok elektrik, 679 botol dan 3 jerigen minuman mengandung eEtil alkohol (minuman keras) yang tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi menyebutkan, pihaknya telah melakukan operasi barang ilegal sebanyak 8 kali, menyasar 89 lokasi di Kota Bandung. Berdasarkan hasil informasi, sebanyak 26 lokasi menjual rokok ilegal. Baca selengkapnya

 

HUT Ke-78 KAI, Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju

Foto: Humas PT KAI Daop 2 Bandung

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-78 pada 28 September 2023. Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju. Tema ini diangkat untuk merepresentasikan persatuan dan semangat insan KAI dalam mencapai tujuan bersama untuk Indonesia maju.

“Dalam rangka perayaan HUT ke-78 KAI, saya mengajak seluruh insan KAI untuk sejenak merefleksikan diri menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan memiliki dampak. Setiap insan KAI memiliki peran dan tanggung jawab serta amanah untuk membawa perusahaan ini lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Tahun 2023 merupakan tahun yang sangat penting bagi KAI dimana pada tahun ini KAI akan menyelesaikan 2 Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu LRT Jabodebek dan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (Whoosh). LRT Jabodebek merupakan transportasi yang menerapkan teknologi Communication-Based Train Control (CBTC) dengan sistem operasi Grade of Automation (GoA) level 3 atau driverless yang pertama di Indonesia, dimana seluruh pengoperasian kereta dikendalikan dari Operation Control Center (OCC). LRT Jabodebek ini telah diresmikan oleh Presiden RI pada tanggal 28 Agustus 2023 dan mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari masyarakat. Baca selengkapnya

 

Layanan Kesejahteraan Sosial Satu Pintu ‘SOCA’ Bakal Hadir di Kota Bandung

Masyarakat Kota Bandung akan semakin dipermudah dengan hadirnya layanan kesejahteraan sosial satu pintu bernama Soca (social command center), pada pertengahan Oktober mendatang. Hal ini dibeberkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung, Soni Bakhtiar.

Soni menyebutkan, masyarakat masih mengakses layanan secara parsial. Dengan adanya pelayanan kesejahteraan sosial satu pintu, maka angka kemiskinan akan tercapai sesuai target RPJMD. Terlebih ada potensi sumber yang akan dikolaborasikan Pemkot Bandung dengan pihak lain.

“Dari sisi anggaran, intervensi, dan programnya ada gap yang cukup besar. Bantuan dari APBN dan APBD tidak memenuhi, maka kami berupaya untuk menggait dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS),” aku Soni.

Ia mengatakan, potensi LKS cukup besar. Di Bandung terdapat 300 LKS dengan rata-rata memiliki anggaran sebesar Rp5 miliar. Baca selengkapnya

 

Pj Walikota Bandung Minta OPD Perkuat Sinergitas Tuntaskan Sejumlah Persoalan

Agar Pemerintah Kota Bandung bisa memberikan layanan prima kepada masyarakat, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menegaskan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) harus kompak.

“Kita harus kompak. Kita punya tugas mulia bagaimana memberikan layanan kepada masyarakat,” tutur Bambang, di sela-sela bersilahturahmi ke sejumlah OPD, Selasa (26/9).

Bambang menyempatkan bersilaturahmi dengan jajaran Dinas Kebakaran dan Penanggulanan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang (Disciptabintar) dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung.

Bambang menegaskan, Pemkot Bandung harus bisa menangani persoalan banjir, sampah hingga bencana kebakaran. Baca selengkapnya

 

Pengadilan Negeri Bandung Lakukan Eksekusi 39 Objek Tanah dan Bangunan di Kawasan Jl Jatayu

Atas permohonan pelaksanaan isi putusan yang telah berkekuatan hukum tetap yang diajukan PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung, Pengadilan Negeri Bandung melakukan eksekusi 39 objek tanah dan bangunan yang berlokasi di kawasan Jalan Jatayu Dalam dan Jalan Komodor Udara Supadio, Kota Bandung, Selasa (26/9). 39 objek tanah dan bangunan ini memiliki total luas tanah 8.144,12 M2 dan luas bangunan 1.872 M2.

Eksekusi dilaksanakan berdasarkan adanya 2 putusan perkara yang telah berkekuatan hukum tetap yaitu Putusan No.423/Pdt.G/2014/PN.Bdg (12 objek) dan Putusan No.426/Pdt.G/2014/PN.Bdg (27 objek) yang dimenangkan oleh PT KAI, yang pada intinya menyatakan tanah dan bangunan yang dihuni para penghuni adalah milik PT KAI dan menghukum para penghuni untuk mengosongkan dan menyerahkan tanah dan bangunan rumah yang dihuni kepada PT KAI dalam keadaan baik. Baca selengkapnya

 

Ulang Tahun Kota Bandung ke-213, Ini Kata Penjabat Wali Kota Bandung

Hari ini, Senin (25/9), Kota Bandung memperingati hari jadi ke-213. Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, pun mengajak seluruh pihak untuk menyambut dan memaknai positif Hari Jadi ke-213 Kota Bandung (HJKB) tahun 2023.

Hal itu disampaikan Bambang dalam Upacara HJKB 2023 di Plaza Balai Kota. Menurutnya, perjalanan Kota Bandung dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup berarti, baik dari aspek fisik maupun sosial, ekonomi, dan budaya.

“Perkembangan ini cenderung akan semakin pesat ketika pembangunan infrastuktur kota saling terintegrasi dengan infrastuktur kawasan yang semakin meluas,” kata Bambang.

Menurutnya, dalam lima tahun terakhir, sebanyak 387 penghargaan telah diterima Pemerintah Kota Bandung, baik dari level nasional maupun internasional. Baca selengkapnya

Itulah beberapa kejadian yang terjadi di Bandung selama sepekan terakhir ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Wargi Bandung akan kejadian terupdate di Kota Bandung. Sehat selalu dan selamat beraktivitas, Wargi Bandung!***