- Advertisement -

6 Panduan Lengkap Berlibur ke Raja Ampat

Berita Lainnya

WISATA, infobdg.com – Berlibur adalah hal yang menyenangkan, pastinya Wargi Bandung punya keinginan untuk mengunjungi tempat wisata. Terdapat banyak tujuan wisata yang indah di Indonesia, salah satunya adalah wisata bawah laut.

Untuk kamu yang tertarik menikmati keindahan pemandangan bawah laut, pas banget untuk mengunjungi Raja Ampat di Papua Barat. Namun, sebelum berkunjung ke Raja Ampat, lakukanlah persiapan terlebih dahulu dengan mencari Tiket Pesawat di Traveloka.

Ingatlah untuk memilih jenis transportasi yang akan Wargi Bandung gunakan selama berkunjung ke Raja Ampat termasuk pilihan lokasi wisata yang rencananya akan dikunjungi. Jangan lupa untuk memperkirakan biaya yang harus dipersiapkan sebelum berkeliling ke Raja Ampat. Wargi Bandung juga perlu membeli tiket kerenta bandara di Traveloka untuk perjalanan menuju bandara agar lebih mudah. Berikut panduan berwisata ke Raja Ampat yang bisa menjadi panduan Wargi Bandung!

Merencanakan Penerbangan

Untuk sampai ke Raja Ampat, para pengunjung akan melakukan perjalanan udara terlebih dahulu menuju kota Sorong. Sesuaikanlah maskapai penerbangan dan rute yang akan dituju.

Hal ini perlu dilakukan karena beberapa penerbangan terkadang memiliki rute transit dengan waktu penerbangan yang lama. Bahkan terkadang tariff rute transit mereka juga mahal mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000 sekali jalan. Wargi Bandung bisa membeli tiket pesawat ini di Traveloka.

Namun, Wargi Bandung tidak perlu khawatir karena sekarang sudah tersedia penerbangan langsung menuju Sorong dengan harga perjalanan yang lebih murah hingga Rp 2.200.000 untuk sekali jalan.

Menuju Raja Ampat

Setelah sampai di Kota Sorong, wisatawan bisa naik speed boat menuju Kota Waisai di Raja Ampat. Ada dua pilihan tarif yaitu Rp100.000 untuk kelas ekonomi dan Rp215.000 untuk kelas eksekutif.

Keberangkatan pukul 09.00 dan 14.00 WIB. Speedboat untuk penyeberangan tersedia setiap hari. Untuk masuk Raja Ampat, bagi wisatawan yang baru pertama kali masuk harus membayar tiket masuk sebesar Rp500.000 untuk domestik. Sedangkan untuk turis asing dikenakan tarif sekitar Rp1.000.000.

Tiket masuk berlaku selama satu tahun. Jadi wisatawan bebas mengunjungi Raja Ampat sepanjang tahun tanpa harus membayar tiket masuk lagi. Untuk masa berlaku tiket yang sudah lebih dari satu tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp 500.000 jika akan berkunjung ke Raja Ampat lagi.

Sewa Kendaraan

Tidak hanya tentang tiket pesawat, anda perlu memikirkan ketika sudah berada di sana. Setelah tiba di pelabuhan Kota Waisai, para wisatawan bisa menggunakan taksi yang akan umumnya dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 untuk sekali pengantaran ke hotel atau penginapan yang dituju.

Tersedia juga penyewaan mobil dan minibus dengan biaya sekitar Rp 700.000 sampai Rp 800.000 per harinya. Harga sudah termasuk driver dan bensin. Jika anda tertarik, Wargi Bandung bisa berkeliling di kota Waisai karena ada beberapa tempat menarik yang bisa anda kunjungi.

Memilih Penginapan

Pastikan Wargi Bandung sudah memesan kamar penginapan sebelum berangkat ke Raja Ampat karena Raja Ampat tidak memiliki banyak hotel berbintang sehingga penting untuk dipersiapkan terlebih dahulu. Ada banyak sekali pilihan penginapan yang tersedia mulai dari homestay hingga resort yang terletak di dekat pantai. Pemilihan penginapan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang sesuai bisa memangkas biaya perjalanan Wargi Bandung.

Untuk homestay, harga yang ditawarkan berkisar Rp 300.000 hingga Rp 400.000 harga ini biasanya sudah termasuk makan 3 kali sehari. Banyak homestay yang dibangun berupa gubuk bertap dan berdinding kayu yang menyatu dengan rumah penduduk setempat.

Untuk pilihan yang lebih modern, Wargi Bandung bisa memilih resort dengan tariff mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 per orang. Perbedaan harga ini bisa anda lihat dari fasilitas yang ditawarkan.

Sewa perahu untuk berkeliling pulau

Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari banyak pulau kecil. Untuk merasakan langsung keindahan alamnya, para wisatawan banyak menggunakan speed boat kecil yang muat hingga 10-12 orang.

Biaya sewa speed boat tergantung jarak yang ditempuh. Rata-rata, untuk jarak menengah, biaya per hari sekitar Rp7.500.000. Untuk jarak jauh misalnya untuk mencapai Pulau Wayag yang indah bisa menghabiskan biaya Rp10.000.000 hingga Rp12.000.000.

Karena sewa perahu cukup mahal, wisatawan disarankan untuk datang bersama lebih banyak teman atau keluarga, karena semakin banyak orang yang berpartisipasi maka biaya sewa perahu akan terasa lebih murah.

Menyelam di Raja Ampat

Kunjungan ke Raja Ampat menjadi tidak lengkap jika tidak berkeliling di bawah lautnya. Untuk Wargi Bandung yang sudah memiliki lisensi menyelam bisa menggunakan paket menyelam Raja Ampat dengan harga mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 1.000.000 saja.

Untuk Wargi Bandung yang belum memiliki lisensi, bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan lisensi dengan biaya sekitar Rp 300.000 sampai Rp 5.000.000.

Untuk Wargi Bandung yang ingin menikmati keindahan biota laut Raja Ampat dengan harga yang cukup terjangkau bisa menikmati kegiatan snorkeling di Raja Ampat. Snorkeling Raja Ampat biasanya memakan biaya Rp 150.000 saja.

Biaya sewa alat seperti masker, kacamata, snorkel dan kaki kodok. Selain menikmati wisata bawah laut, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Raja Ampat seperti berenang di tebing.

Setelah membaca panduan tersebut, semakin yakin untuk berlibur ke Raja Ampat?